Ingin Pergi Ke Pameran Pernikahan? Lakukan 4 Hal Wajib Berikut Ini!

 http://www.ido-weddingexhibitions.co.uk/images/gallery/lg/leeds-43.jpg
By Rani Yustita

Bagi pasangan yang sedang mempersiapkan acara pernikahan, datang ke acara pameran pernikahan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan.


Pasalnya, acara pameran pernikahan seperti ini biasanya akan banyak penawaran yang menguntungkan. Mulai dari diskon khusus pameran, galeri terbuka, hingga keuntungan lainnya. Ibarat belanja di toko serba ada, pameran pernikahan ini akan memberikan kemudahan karena banyak sekali terdapat vendor pembantu acara pernikahan.

Namun ternyata, tidak semua orang dapat menggunakan event pameran pernikahan ini dengan efektif dan efisien. Kebanyakan orang masih datang tanpa tujuan, keliling melihat-lihat apa saja yang ada pada pameran ini dan kadang bingung apa yang didapatkan setelahnya. Padahal, pameran pernikahan dapat benar-benar membantu acara persiapan pernikahan kamu loh!

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum datang ke pameran pernikahan. Pada saat di pameran pun kamu tidak boleh asal-asalan, karena mungkin saja ada kesempatan bagus yang terlewatkan. Penasaran apa saja yang harus dilakukan agar kunjungan kamu ke pameran pernikahan menjadi efektif dan efisien? simak terus tulisan kami di bawah yah!

Pameran Pernikahan Bukan Sekedar Cuci Mata

pameran pernikahan

Sebelum kamu datang bersama pasangan mu, perlu di ingat bahwa pameran pernikahan yang akan kamu datangi bukanlah ajang sekedar cuci mata. Bukan juga sekedar melihat apa saja yang ada pameran ini, karena kamu dan pasangan mempunyai misi : mendapatkan deal untuk acara pernikahan yang murah meriah.

Banyak pasangan yang melupakan ini, padahal menetapkan tujuan sebelum datang ke pameran merupakan suatu hal yang fundamental dan harus paling diutamakan. Apabila hal ini dilupakan, kamu malah akan membuang waktu dan tenaga datang ke pameran pernikahan ini. Tidak ada hasil yang didapatkan, persiapan pernikahan pun tidak berjalan maju.

Karena itulah, kamu dan pasangan harus benar-benar memantapkan diri agar tidak ngalor-ngidul kesana kemari tanpa tujuan. Jika perlu, bawa list persiapan pernikahan apa saja yang belum selesai atau masih mengawang-awang agar bisa ditanyakan pada vendor yang berhubungan. Dengan begini bukan tidak mungkin persiapan pernikahan kalian bisa selesai pada hari itu juga.

 

Siapkan List Persiapan Pernikahan, Notes, dan Kartu ATM/Kredit

http://practicalglamour.org/wp-content/uploads/2011/05/list.jpg

Seperti yang sudah kami bilang di atas, cara paling efektif dan efisien pada saat mengunjungi pameran vendor  pernikahan adalah dengan menyiapkan list persiapan pernikahan kalian. Tulis bagian persiapan pernikahan apa saja yang belum beres diselesaikan atau ditanyakan. Dengan kamu melakukan hal ini, kamu jadi tahu prioritas apa saja yang harus diutamakan pada saat datang ke pameran.

Menyiapkan list persiapan pernikahan pun akan membuat kamu sadar bahwa banyak hal yang ternyata belum selesai. Beruntung kalau kamu dan pasangan menikahnya masih lama, kalau masih sebentar pasti akan repot. Notes atau buku catatan akan berguna untuk mencatat apa-apa saja yang penawaran yang ditawarkan oleh para vendor pernikahan. Memang kamu akan diberikan brosurnya, tapi pasti akan ada sepatah-dua patah kata yang penting yang jelas harus kamu catat.

Kartu ATM atau kartu kredit diperlukan apabila memang ada penawaran yang sangat manis dan hanya tersedia pada hari itu saja. Tentu saja, penawaran ini harus benar-benar kamu lihat detailnya. Mulai dari isinya, fasilitas yang didapatkan beserta bonusnya, hingga ketersediaan waktunya. Karena itulah, sebelum kamu menentukan untuk membayar penawaran tersebut, ada baiknya kamu survei ke banyak tempat terlebih dahulu.

 

Survei, Survei, Survei

http://blog.westmonroepartners.com/wp-content/uploads/2016/04/employee-engagement.jpg

Ya, tujuan utama kamu dan pasangan datang pada acara pameran ini adalah survei vendor pernikahan yang sekiranya bisa kamu gunakan. Survei disini bukan hanya menanyakan harga saja, tapi juga kualitas fasilitas yang didapatkan, kualitas bahan, survei harga per paket, dan lain lain.

Sebisa mungkin kamu harus detail dalam menanyakan segala sesuatunya. Mulai dari penawaran harga, penawaran paket, isi paket, fasilitas bonus dan sebagainya. Tidak perlu takut untuk bertanya banyak, karena vendor pernikahan akan sangat senang ditanya seperti itu.

Perlu kamu ingat, biasanya pada acara pameran pernikahan ini banyak terdapat beragam jenis vendor-vendor berbagai tipe. Mulai dari catering hingga kartu undangan pernikahan, mereka semua mempunyai penawaran menarik tersendiri untuk acara pameran semacam ini. Karena itu, jangan dulu terlalu menghabiskan waktu pada satu vendor. Tanyakan saja  dasar-dasar yang ingin kamu tahu, lalu pergi ke vendor pernikahan yang lainnya. Baru setelah itu, kamu harus menentukan vendor mana saja yang sekiranya cocok dengan selera dan budget acara pernikahan kamu nanti.

 

Persuasif dan Tanya Penawaran Khusus

http://www.businessnewsdaily.com/images/i/000/002/681/original/salesteam.jpg?interpolation=lanczos-none&fit=inside%7C700:500

Vendor yang hadir dan berpartisipasi pada pameran pernikahan ini biasanya akan ada penawaran khusus, dan kamu WAJIB untuk menanyakannya. Memang kemungkinan besar mereka akan langsung memberitahukan nya pada kamu, tapi kamu juga bisa menanyakan bonus lainnya. Jangan lupa, kamu harus melakukannya secara persuasif dan passionate agar mereka merasa dekat dan gampang ‘mengeluarkan’ bonus tambahan. Jangan salah, banyak orang-orang mendapatkan bonus tambahan yang sebenarnya tidak ada karena mereka bicara secara persuasif dan hangat pada pemilik vendor. Nah jika mereka bisa, kenapa kamu tidak?

 

Baca Juga : 8 Tips Mengatur Keuangan Untuk Pasangan Muda dan Baru Menikah!

 

Pameran pernikahan merupakan salah satu hal yang sangat berguna, terutama bagi pasangan yang akan segera menikah. Kamu bisa menghemat banyak jika mendapatkan deal dari penawaran khusus pada pameran ini, asalkan kamu bisa efektif dan efisien dalam mengunjunginya. Siapkan segala hal yang sudah kami sebutkan di atas, persuasif pada vendor pernikahan dan tanyakan penawaran apa saja yang bisa didapatkan. Ayo kita ke pameran pernikahan!

Leave a Reply