Menu Makanan Unik Untuk Acara Pernikahan - Front Image
Sumber : Pinterest

Editor : Rani Yustita


Pada saat anda datang ke suatu undangan acara pernikahan, apa yang akan pertama kali anda lihat? Tentu saja dekorasi, pelaminan, dan makanan prasmanan bukan? Memang, setelan dekorasi-pemaninan-prasmanan ini seakan-akan sudah menjadi ‘kewajiban’ dan kebiasaan yang harus disediakan untuk tamu undangan. Terutama soal makanan yang biasanya akan menyediakan menu yang rata-rata sama pada setiap pernikahan. Banyak orang yang ingin mencoba menu makanan untuk untuk acara pernikahan mereka, namun urung dilakukan. Ada yang beralasan takut acara pernikahannya gagal, ada juga yang takut dibilang aneh. Padahal, jika kita kreatif dan berhasil menambahkan menu makanan unik pada acara pernikahan, tentu akan semakin menambah kesan, bukan?

Kami disini akan memberikan masukan dan ide menu makanan unik untuk acara pernikahan, yang mungkin anda tertarik untuk ada coba. Beberapa ide menu memang tidak biasa, namun akan menarik untuk dicoba. Untuk tahu lebih banyak lagi, silahkan simak ulasan kami dibawah ini yah!

1. Popcorn

Menu Makanan Unik Untuk Acara Pernikahan
Sumber : The Knot

Siapa yang tidak kenal Popcorn? Kudapan ringan yang biasa dibawa pada saat menonton film di bioskop ini digemari oleh hampir semua orang. Baik orang tua maupun anak-anak, hampir semua setuju bahwa popcorn merupakan kudapan yang enak. Nah, kenapa kita tidak masukan popcorn bar ini sebagai menu makanan unik untuk acara pernikahan anda? Pembuatannya cepat, mudah, dan dapat langsung tersedia dalam jumlah banyak.

Untuk topingnya pun mudah, anda bisa memakai bumbu-bumbu kering dengan beraneka macam rasa. Bubuk kering rasa keju, jagung bakar, barbeque dan rasa-rasa lainnya bisa anda dapatkan dengan mudah dan murah. Anda tinggal menyediakan bumbu ini di depan popcorn bar jika menggunakan tema self service. Mudah sekali bukan?

2. Donut

Menu Makanan Unik Untuk Acara Pernikahan
Sumber : howdoesshe.com

Selain popcorn, makanan yang juga disukai oleh hampir semua orang adalah donat. Ya, kudapan ringan berbahan dasar terigu yang ditambahkan dengan berbagai macam toping ini bisa menjadi favorit semua orang. Donat ini mudah untuk dibuat, bisa dibentuk menjadi bermacam-macam ukuran, dan tentu saja banyak rasa yang tersedia. Sebut saja coklat, strawberry, bluberry, palm sugar dan banyak rasa lainnya bisa anda sediakan sebagai menu makanan unik untuk acara pernikahan anda.

Jika anda mengusung tema self-service, anda juga bisa menambahkan chocolate fountain atau strawberry chocolate fountain sebagai penambah rasa. Para tamu undangan dapat ‘mencelupkan’ coklat cair pada donat polos, yang kemudian ditambahkan toping pada tempat yang sudah disiapkan. Anak-anak tentu akan senang dengan donut bar ini, yang berarti stok donatnya harus selalu terjaga.

3. Permen Kapas

Menu Makanan Unik Untuk Acara Pernikahan
Sumber : Pinterest

Siapa yang tidak suka permen kapas? Hampir semua anak-anak menyukainya, begitupun dengan para orang tua. Jika disediakan pada acara pernikahan, permen kapas yang biasanya berwarna merah muda ini pasti akan langsung menarik perhatian semua orang. Alasannya adalah, karena permen kapas merupakan salah satu jenis makanan yang tidak lazim ada pada acara pernikahan. Biasanya, permen kapas akan ada pada acara-acara karnaval, atau wahana bermain anak. Padahal, permen kapas bisa dijadikan sebagai salah satu menu unik untuk acara pernikahan loh!

Permen kapas ini sangat mudah dibuat dengan alatnya sendiri. Anda bisa menyewa jasa pedagang permen kapas yang biasa berjualan di depan sekolah-sekolah. Anda juga bisa membuat atau menyewa stall yang akan digunakan sebagai tempat permen kapas dibuat, agar lebih menarik dan menyatu dengan warna acara. Jika ingin lebih unik, tanya dulu sang penjual permen kapas, bisakah dia membuat permen kapas warna warni? Jika ternyata bisa, permen kapas ini akan menjadi makanan yang paling banyak diburu pada acara pernikahan anda.

4. Pizza

Menu Makanan Unik Untuk Acara Pernikahan
Sumber : The Pizza Bar

Pizza, makanan yang berasal dari Itali ini pun rasanya jarang disajikan sebagai menu makanan tambahan pada acara pernikahan. Padahal, pizza merupakan suatu jenis makanan yang mudah dibuat, tidak perlu bumbu macam-macam, dan tentu saja nikmat. Dalam menyajikan pizza ini, anda bisa menggunakan 2 cara : versi personal pan pizza atau langsung dibuat sekaligus. Versi personal pan pizza ini akan dibuat dengan ukuran-ukuran yang kecil, yang disajikan untuk satu orang. Sedangkan jika dibuat sekaligus, para tamu undangan akan mendapatkan pizza dengan ukuran slices berbentuk kotak. Ya, sebaiknya jika ingin dibuat sekaligus, pizza sebaiknya harus berbentuk kotak demi efiensi dan porsi yang seimbang.

Untuk masalah rasa, anda bisa berkreasi dengan macam-macam rasa pada umumnya. Peperroni, smoked beef, spicy beef ditambahkan dengan beberapa jenis keju akan selalu cocok disajikan kepada para tamu. Anda juga bisa menyediakan bumbu tambahan seperti saus sambal, saus tomat, ataupun mustard sebagai penambah rasa. Jika anda mampu untuk menyediakan pizza untuk para tamu undangan, kenapa tidak sekaligus berkreasi?

5. Smore’s

Menu Makanan Unik Untuk Acara Pernikahan
Sumber : Kate & Jill Weddings

Smore’s? Apa itu? Untuk anda yang tidak hapal dengan istilah makanan di luar negeri, tentu asing mendengar jenis makanan ini. Diluar negeri, smore’s merupakan suatu jenis makanan yang populer yang wajib ada pada saat kemping outdoor di Amerika. Biasanya smore’s ini dihidangkan pada malam hari, pada saat para anggota yang kemping berkumpul di depan api unggun. Hidangan smore’s ini meliputi makanan-makanan manis, kecil dan ringan seperti marshmellow, biskuit, dan snack bar.

Diluar negeri, sudah banyak yang menggunakan smore’s ini sebagai salah satu menu makanan unik untuk acara pernikahan. Mereka yang menggunakan smore’s yang bersifat self-service, dan akan menggunakan meja dan kompor khusus. Para tamu undangan bisa membuat smore’s versi mereka sendiri, menyatukan segala bahan-bahan dan toping yang sudah disediakan. Nah, karena smore’s tidak populer di Indonesia, mungkin anda bisa mencobanya untuk acara pernikahan anda. Siapa tahu, anda bisa menjadi trend-setter yang membuat smore’s booming di Indonesia.

Baca Juga : Tips Memilih Hiburan Musik Untuk Acara Pernikahan Anda

Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang menu-menu makanan untik untuk acara pernikahan. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru pada acara pernikahan anda. Segera cari tahu vendor-vendor catering yang bisa menggunakan menu di atas, atau anda bisa mencarinya sendiri melalui internet. Yang pasti, menu-menu unik ini akan membuat acara pernikahan anda semakin berkesan dan tidak terlupakan.

Leave a Reply