Editor : Rani Yustita

Dalam budaya pernikahan di seluruh dunia, cincin pernikahan biasa dijadikan sebagai simbol kesatuan dari dua individu yang akan menikah. Dalam budaya Indonesia dimana mayoritas masyarakatnya muslim, tradisi dan proses pernikahan kebanyakan akan menggunakan prosesi menurut agama Islam. Cincin pernikahan biasa dijadikan mahar, beserta seperangkat alat solat dan benda-benda lainnya. Cincin pernikahan ini memang bermacam-macam bentuknya, sesuai keinginan dari pengantin. Dan umumnya, desain cincin pernikahan ini terbuat dari emas atau perak yang memiliki nilai ekonomis.

Sekarang, sudah banyak orang yang mulai bereksperimen dengan cincin pernikahan ini. Mereka merasa, cincin pernikahan yang terbuat dari emas, ditambah batu permata kecil merupakan sesuatu yang membosankan. Orang-orang kemudian menginovasi cincin pernikahan ini, menambahkan bentuk jenis dan material yang digunakan. Mereka ingin bereksperimen dengan cincin pernikahan mereka, agar terliat unik dan menjadi one of a kind. Untuk anda yang merasa cincin pernikahan biasa tidak menarik, kami memberikan 7 desain cincin pernikahan super unik yang anti mainstream yang mungkin bisa anda pakai. Selamat membaca!

1. Glow In The Dark – Titanium Wedding Ring

Desain Cincin Pernikahan Unik
Sumber : Pinterest

Jika anda mencari satu jenis cincin pernikahan yang tidak hanya menjadi pemanis jari, anda bisa menggunakan cincin Titanium Wedding Ring ini yang bisa menyala dalam gelap. Cincin ini terbuat dari bahan titanium, sebuah jenis metal yang kuat dan sangat tahan lama. Bahan titanium ini juga merupakan salah satu jenis metal yang tidak beracun, sehingga aman jika bersentuhan langsung dengan kulit.

Sebagai tambahan, desain cincin pernikahan ini dilapisi sejenis material yang mampu menyala dalam gelap. Bila anda merupakan orang-orang yang suka lupa menaruh sesuatu, cincin ini mungkin akan sangat cocok untuk anda. Jika terselip dan jatuh, anda dapat melihat dan menemukan cincin ini dengan mudah  dikegelapan. Cincin yang unik bukan?

2. Fingerprint Wedding Ring

Desain Cincin Pernikahan Unik
Sumber : Serendipity Diamonds

Di dunia ini, tidak ada sidik jari yang sama antara satu orang dengan yang lainnya. Setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda-beda, baik pria dan wanita. Jika anda memasukan elemen sidik jari anda pada desain cincin pernikahan, anda akan mempunyai cincin pernikahan yang hanya ada satu-satunya di dunia.

Cincin pernikahan ini bisa dibuat menggunakan bahan pada umumnya, seperti perak, emas dan emas putih. Jika anda memutuskan untuk menggunakan cincin model ini, pastikan sang pembuat bisa membuat cincin sidik jadi ini dengan sempurna, dan kuat agar tahan lama.

3. Motorbike Pattern Wedding Ring

Desain Cincin Pernikahan Unik
Sumber : Kirikawa

Bagi anda pasangan yang memiliki hobi otomotif, baik mobil maupun motor, cincin pernikahan yang mempunyai pola ban ini sangat pas dengan anda. Seperti cincin pada umumnya, cincin ini bisa menggunakan bahan-bahan seperti emas dan perak. Atau bisa juga menggunakan jenis-jenis metal seperti titanium dan sebagainya. Pola ban yang ada pada cincin ini pun bisa dirubah sesuai keinginan anda dan pasangan.

Di luar negeri, cincin ini populer digunakan para penyuka otomotif seperti mobil, motor, bahkan truk. Di Indonesia, sangat jarang orang yang menggunakan cincin dengan pola seperti ini. Jika anda memakainya, tentu akan menarik perhatian banyak orang yang penasaran dengan desain cincin pernikahan unik yang anda miliki ini.

4. Forrest Pattern Wedding Ring

Desain cincin pernikahan unik
Sumber : Brilliance

Desain cicin pernikahan unik lainnya adalah Forrest pattern wedding ring, atau cincin pernikahan yang mempunyai pola hutan. Pola-pola seperti pohon cempara yang menjulang tinggi dengan warna hitam bertekstur akan membuat cincin pernikahan anda unik dan spesial. Cincin ini biasanya dibuat dari bahan yang terang mengkilat, seperti perak dan semacamnya agar memiliki kontras yang seimbang antara sisi gelap dari pola hutan dan sisi terangnya.

Selain pohon cemara yang tinggi, elemen-elemen hutan yang lainnya bisa anda jadikan sebagai pola utama pada desain cincin pernikahan anda ini. Elemen lain seperti binatang-binatang yang hidup di dalam hutan, semacam serigala atau rusa bertanduk akan membuat cincin anda semakin unik dan menarik.

5. Game-Inspired Wedding Ring

Desain Cincin Pernikahan Unik
Sumber : Pinimg

Seperti yang kita tahu, setiap orang memiliki hobi-nya dan selera masing-masing yang akan berbeda. Ada yang menyukai otomotif, ada yang menyukai olahraga, dan ada juga yang mengikuti video game. Untuk orang-orang yang sangat menjiwai video game yang mereka suka, mereka akan membawa banyak elemen-elemen yang ada di dalam game

Jika orang-orang yang maniak dan terobsesi dengan video game ini akan menikah, biasanya mereka akan memasukan elemen game ini pada prosesi pernikahan mereka. Desain cincin pernikahan mereka akan dimasukan elemen game, bisa dari simbol, gambar, dan warna. Gambar sebelah kiri yang anda lihat merupakan salah satu jenis cincin pernikahan yang mengambil tema dari video game, yaitu game dari Nintendo berjudul Legend of Zelda.

6. Film-Inspired Wedding Ring

https://images.custommade.com/kPKTHlN6WRfEkqy4EMCPDCeItmQ=/fit-in/510x382/custommade-photosets/9188/9188.513399.jpg
Sumber : Custommade.com

Apakah anda mempunyai teman yang selalu menonton film, mencoba menelaah dan selalu ‘membedah’ setiap film yang dia tonton? Jika iya, ada kemungkinan teman anda merupakan seorang cinephile. Cinephile adalah seseorang yang memiliki hobi dan obsesi pada dunia perfilman. Mereka merupakan orang-orang yang dapat diam duduk lama di depan layar kaca, mengolah informasi dan mendapatkan pelajaran dari ratusan film yang sudah mereka tonton.

Jika pasangan anda merupakan orang yang sangat gemar menonton film alias cinephile, anda bisa memasukan elemen-elemen film kesukaannya sebagai desain cincin pernikahan unik versi anda. Seperti gambar disamping, cincin pernikahan yang berasal dari salah satu franchise film terkenal : Star Trek. Unik dan menarik bukan?

 

7. Dinosaurus-Bone, Meteorite and Pure Gold Ring

Desain Cincin Pernikahan Unik
Sumber : Jewelry By Johan

Pernahkah anda berfikir bahwa anda bisa membuat cincin pernikahan dari bahan-bahan yang sangat tidak lazim? Kami pun tidak. Namun, ada salah satu perusahaan yang berhasil menggunakan bahan yang sangat tidak lazim dalam membuat desain cincin pernikahan yang unik versi mereka : Tulang dinosaurus dan pecahan meteor.

Ya benar, ada orang yang berhasil membuat suatu jenis cincin pernikahan dari tulang dinosaurus dan pecahan meteor, yang disatukan dengan emas murni. Untuk soal terlihat berbeda, sudah sangat jelas bahwa cincin ini akan sangat menarik perhatian. Namun untuk soal harga, tentu tidak akan murah. Tulang dinosaurus dan pecahan meteor bukanlah barang yang mudah didapat, dan pasti akan berharga mahal.

Baca Juga : 7 Souvenir Pernikahan “Go-Green” Yang Bisa Anda Gunakan

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan desain cincin pernikahan unik di atas? Namun anda jangan lupa, ada harga ada kualitas. Jika anda berharap bisa mendapatkan cincin-cincin pernikahan yang bagus dan unik, anda harus bersiap untuk merogoh kocek lebih dalam dari biasanya. Jangan juga kewajiban dan prioritas urusan pernikahan anda yang lain jadi kacau, hanya karena anda memaksakan ingin memiliki desain cincin pernikahan unik seperti di atas.

Leave a Reply