Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Suatu acara pernikahan dapat terlaksana dengan lancar dan sempurna jikalau semua elemen bekerja dengan rapih dan dan tepat. Namun kadang kala, ada pasangan yang tidak bisa mengurus detail keseluruhan acara pernikahan dengan berbagai alasan. Mulai dari kesibukan pekerjaan, tidak mempunyai banyak waktu, hingga alasan tidak mengerti detail-detail acara pernikahan. Disinilah orang-orang mulai mencari tahu dan memakai jasa wedding organizer atau wedding planner.

Nah, jika anda berminat menyewa jasa ini, sebaiknya anda tahu terlebih dulu tugas, kewajiban dan manfaat dari jasa wedding organizer yang akan kami beberkan di bawah. Selamat membaca!

Apa Itu Jasa Wedding Organizer?

Wedding organizer atau yang biasa disingkat WO ini adalah sebuah jasa perencanaan professional yang membantu mendesain, merencanakan, dan mengelola acara pernikahan klien. Klien yang merasa sulit untuk merencanakan sebuah acara pernikahan dapat terbantu dengan jasa ini. Mereka bisa mengkordinasikan acara mulai dari persiapan hingga akhir acara.

WO yang profesional dan sudah banyak pengalaman biasanya akan bergerak cepat, tepat. Namun tentu saja pihak WO akan selalu menanyakan dan melibatkan klien dalam setiap keputusan yang diambil.

Tugas Wedding Organizer

Tugas dari jasa WO ini bisa dibilang tidak mudah karena benar-benar harus mengurus detail acara dari A sampai Z dan harus sesuai keinginan klien. Belum lagi jika klien menginginkan hal-hal yang sangat spesifik, harus perfeksionis dan tidak boleh ada kesalahan. Namun pada umumnya, jasa WO mempunyai tugas-tugas sebagai berikut :

  1. Konsultan
    Pasangan yang memutuskan untuk menggunakan jasa WO ini biasanya tidak mau repot dan ingin urusan nya cepat selesai. Ada pula klien yang merasa tidak begitu mengerti dan tahu banyak tentang vendor-vendor yang harus dipakai untuk sebuah acara pernikahan.Disinilah jasa WO bisa berperan, dengan memberikan saran-saran, konsultasi, dan vendor alternatif yang bisa digunakan oleh klien. Jasa WO ini bisa dijadikan guru sekaligus penunjuk arah kemana acara anda akan dibawa dari mulai hari pertama persiapan pernikahan.Saat jasa WO ini bertemu pertama kali dengan klien, percakapan biasanya diawali dengan paket-paket yang bisa dimanfaatkan oleh klien. Kemudian klien akan sedikit menjelaskan tipe dan konsep acara pernikahan yang ingin dilakukan. Setelah itu, pihak WO mulai bekerja dan berkoordinasi dengan vendor-vendor pilihan klien.
  1. Reviewer
    Jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa WO, pilihlah yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang lama. Dari pengalaman mereka bekerja sama dengan begitu banyak vendor pernikahan, mereka akan tahu mana vendor yang bagus dan meyakinkan dan mana vendor yang jelek.Jasa WO ini akan menjelaskan setiap pilihan vendor yang bisa dipakai, dan merekomendasikan vendor yang baik dan berkualitas.
  1. Scouter (Pengintai)
    Bukan, scout disini bukan berarti mengintai kehidupan kedua calon pasangan. Jasa WO ini akan mengintai dan mencari tempat-tempat baru yang sesuai dengan keinginan klien. Jika pilihan-pilihan yang diberikan oleh jasa WO tidak ada yang sesuai dengan keinginan klien, maka jasa WO ini akan mencari pilihan-pilihan baru.Mulai dari desain kartu undangan yang unik, tempat resepsi dengan tema khusus, hingga catering yang mampu membuat daftar makanan yang klien inginkan. Klien tidak akan lagi dipusingkan dengan pencarian elemen-elemen pernikahan yang sulit, karena jasa WO ini akan membantu klien untuk mencari pilihan yang tepat dan sesuai keinginan.
  1. Koordinator
    Setelah tahu acara akan dibawa kemana dan bagaimana konsep yang klien inginkan, jasa WO akan mulai berkoordinasi dengan vendor-vendor pilihan klien. Mulai dari pembuatan jasa kartu undangan, catering, tempat resepsi, baju pernikahan hingga urusan souvenir akan dikoordinasikan dan dilaporkan kepada klien kembali.Jika ada masalah atau kendala, jasa WO ini harus bisa memberikan alternatif solusi dan siap untuk memecahkan masalah dengan cepat. Jasa WO ini juga mencakup urusan kontrak kerjasama antara vendor dan klien. Mereka akan mempersiapkan urusan administrasi untuk dilihat dan ditanda tangani oleh klien.Biasanya, jasa WO ini sudah mempersiapkan kontrak yang sudah fix dan disepakati bersama dengan klien demi kelancaran persiapan acara.

  2.  Manager
    Mengelola dan me-manage acara pernikahan merupakan tugas paling utama dan paling penting bagi sebuah jasa WO. Namun hal-hal apa saja yang harus bisa dikelola oleh jasa WO? Berikut beberapa hal yang jasa WO akan kelola untuk anda :Menghitung persiapan budgeting
    Mengatur desain dan rundown
    Menyiapkan detail checklist untuk segala persiapan acara.
    Membuat kontrak dan berkomunikasi dengan vendor acara pernikahan, seperti catering, fotografer, videographer, makeup artist dan sebagainya.
    Membuat back-up­ plan atau rencana cadangan.
    Mengelola jadwal harian.
    Mengurus dan mempersiapkan dekorasi
    Mengawal jalannya acara pada hari-H

Plus Minus Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Jasa WO tercipta untuk kenyamanan, keamanan, dan kelancaran acara pernikahan klien. Mereka sudah berpengalaman untuk membuat suatu acara pernikahan sesuai dengan yang diinginkan oleh klien. Jika anda masih ragu, berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika anda memutuskan untuk menggunakan jasa WO ini :

  1. Bebas Stress
    Jasa WO akan menghilangkan stress akibat proses perencanaan yang sulit dan rumit. Anda tidak perlu lagi sibuk mencari vendor kartu undangan, catering, hingga tempat resepsi pernikahan. Tidak usah memikirkan detail-detail yang harus dikerjakan, karena jasa WO akan mengerjakan itu semua. Merencanakan sebuah acara pernikahan merupakan pekerjaan yang menguras waktu, dan karena alasan itulah jasa WO akan membantu anda.
  1. Berpengalaman
    Jasa WO biasanya sudah berpengalaman dalam mencari celah-celah yang dapat menimbulkan resiko gagalnya sebuah acara. Jasa WO juga sudah tahu apa yang harus dilakukan dan solusi apa yang harus diambil jika acara tidak berjalan lancar. Mereka sudah tahu luar-dalamnya industri pernikahan, dan senantiasa akan memberikan saran dan rekomendasi terbaik untuk klien.
  1. Banyak Koneksi
    Dikarenakan jasa WO bergerak ditengah-tengah industri pernikahan, mereka sudah pasti mempunyai database dan koneksi yang banyak. Mereka mempunyai koneksi yang lengkap mulai vendor dekorasi, kartu undangan, catering, tempat resepsi hingga bagian entertainment. Jika jasa WO yang anda gunakan memiliki kualitas yang baik dan mumpuni, bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan diskon tambahan.

Mudah sekali bukan? Namun anda juga harus siap sedia dengan konsekuensi yang harus diterima . Berikut beberapa hal yang harus siap anda tanggung jika anda sudah siap dan memutuskan untuk menggunakan jasa WO :

  1. Biaya Tambahan
    Pertimbangan paling utama dalam menyewa jasa WO ini adalah harga yang harus dibayar. Sebuah jasa professionalitas akan setara dengan harga yang harus dibayar. Semakin berpengalaman sebuah jasa WO, semakin mahal harga jasanya. Sedikit informasi, di Indonesia rata-rata harga menggunkan jasa WO ini mulai dari 7,5 juta hingga 50 juta, tergantung paket dan vendor yang anda pakai. Sudah siapkah anda membayar sebanyak ini?
  1. Kontrol Berkurang
    Jika anda merupakan orang yang harus tahu setiap titik hal yang harus dikerjakan, anda tidak akan cocok dengan jasa wedding organizer ini. Anda harus siap menyerahkan detail-detail yang anda inginkan kepada penyedia jasa WO untuk dikerjakan sesuai instruksi yang anda berikan.Ada kemungkinan antara ekspetasi yang anda harapkan dengan hasil yang tersedia akan berbeda, dan anda ingin mengulang hal tersebut hingga benar. Namun, dikarenakan jasa WO ini sudah memiliki target harian hingga bulanan, anda tidak akan bisa mendapatkan hasil 100% sempurna yang sesuai dengan keinginan anda.

Baca Juga : 4 Tips Utama Dalam Memilih Fotografer Untuk Pernikahan Anda

Setiap pilihan yang akan anda ambil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda mempunyai pegangan dan sumber dana yang kuat, ditambah dengan siap menanggung segala resikonya, tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan jasa wedding organizer ini ini.

Namun jika anda merasa bisa merencanakan acara pernikahan anda sendiri, untuk apa mengeluarkan dana lebih?

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply