Editor : Rani Yustita


Pesta pernikahan merupakan suatu jenis acara yang melibatkan banyak emosi yang gembira. Hampir semua orang akan merasa senang, saling bercerita dan tertawa bersama. Acara pernikahan ini pada umumnya akan menyediakan masakan prasmanan yang lezat untuk para tamu undangan. Dekorasi tempat resepsi pun dibuat sedemikan rupa sehingga memberikan kesan tersendiri secara positif. Namun, ada satu hal yang sering kali terlewatkan detailnya, baik para tamu maupun para panitia acara : Musik untuk pernikahan.

Hiburan musik memang bukanlah hal yang dianggap proritas dalam suatu acara pernikahan. Karena itu, hiburan musik ini kadang seadanya, tidak peduli siapa yang bermain musik yang penting ada. Yah, mereka yang bermain musik pada suatu acara pernikahan hanyalah menjadi suara latar belakang.

Padahal, suatu hiburan musik bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam acara pernikahan. Banyak hal-hal positif yang bisa didapatkan, jika kita benar-benar memanfaatkan hiburan musik ini. Anda dapat memunculkan kesan-kesan yang berbeda dari acara pernikahan anda, dan memberikan kenangan yang tidak terlupakan bagi anda dan para tamu. Untuk itu, kami disini akan memberikan tips memilih dan menggunakan musik untuk pernikahan anda. Selamat membaca!

Sebelum Memilih, Cek Audiens Terlebih Dulu

Sebelum anda memilih dan menggunakan musik untuk pernikahan, sebaiknya anda mengecek dulu bagaimana tamu undangan yang akan datang. Bagaimana demografis, berapa rata-rata umurnya, dan seberapa besar kira-kira keaktifannya. Jika tamu undangan sebagian besar merupakan teman dan kolega orang tua, tentu musik yang upbeat dan populer sekarang tidak akan cocok. Namun jika kebanyakan yang datang merupakan teman dari para pengantin, musik-musik semacam EDM pun bisa dimasukan.

Lalu, mengapa penting untuk tahu tingkat keaktifan dari para tamu undangan? Hal ini dikarenakan hiburan musik bisa dijadikan sebagai salah satu elemen acara pernikahan. Bagi yang menikah secara modern, mereka bisa memasukan acara dance bersama, after party ataupun sekedar menari santai. Bahkan, ada beberapa pernikahan yang mengadakan dance battle hingga flashmob dadakan. Sisipan-sisipan acara seperti ini tentu saja akan menjadikan acara pernikahan sangat berkesan, dan tidak mungkin terlupakan.

Memilih Live Band Yang Sesuai

Pemilihan hiburan musik untuk pernikahan tidak akan terlepas dari pemilihan live band yang akan dipakai. Dalam memilih live band ini, jangan hanya memiilih berdasarkan genre musik band yang anda suka. Anda harus menyesuaikan juga dengan peraturan dan ketentuan venue atau tempat resepsi yang anda pakai. Beberapa venue tidak akan membolehkan acara pernikahan yang memutar musik terlalu kencang. Ada juga yang hanya bisa memutar musik akustik, atau bahkan ada yang tidak bisa memutar musik sama sekali.

Karena alasan inilah, anda harus memilih live band yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada pada tempat resepsi anda. Selain itu, live band yang anda sewa juga harus sesuai dengan isi kantong anda. Jangan memaksakan untuk menyewa hiburan musik dengan harga yang sangat mahal, padahal urusan prioritas acara pernikahan lainnya masih belum selesai. Hiburan musik memang penting, namun jangan sampai mengorbankan hal-hal yang lainnya.

Personaliti dan Reputasi

Tidak dipungkiri, personaliti dan reputasi merupakan salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan sebelum menyewa suatu jasa. Acara pernikahan merupakan suatu jenis acara yang notabenenya hanya dilakukan sekali, karena itu semua elemen yang ada didalamnya harus benar-benar sempurna. Dengan memilih live band yang memiliki personaliti dan reputasi yang baik, sedikit banyak anda akan merasa lebih yakin.

Personaliti dan reputasi dari grup live band dapat anda cari dengan mudah dari internet. Jika ingin lebih mudah, anda bisa bertanya kepada teman-teman anda yang sudah menikah. Biasanya, mereka akan mempunyai kontak live band yang bagus dan dengan reputasi yang baik. Setelah anda mempunyai nama live band dan kontaknya, anda bisa bertanya secara langsung dan meminta demo-demo lagu yang mereka miliki. Jika ternyata cocok, anda bisa langsung mengontraknya.

Elemen Musik Tambahan

Jika live band dirasa belum cukup, anda bisa mendapatkan elemen musik tambahan untuk acara pernikahan anda. Anda bisa menyewa tambahan DJ sebagai pengatur musik, atau jika anda mempunyai budget berlebih bisa menggunakan grup instrumental. Jika anda mempunyai hobi yang dekat dengan dunia permusikan seperti hobi dance atau menyanyi, tentu anda bisa menambahkannya pada acara pernikahan anda.

Gunakan live band sebagai ‘bahan’ utama games-games kecil yang bisa dilakukan oleh para tamu undangan dan pengantin. Sebagai contoh, anda bisa mengadakan kontes dance battle dan kontes menyanyi untuk para tamu undangan. Dengan menyediakan hadiah yang menarik dan audiens yang tepat, para tamu undangan pasti akan ikut meramaikan acara tersebut. Jika anda bisa memanfaatkan elemen-elemen musik tambahan ini, acara pernikahan anda akan semakin meriah dan berkesan.

Baca Juga : Ide Hiburan Unik Untuk Pernikahan Anda

Hiburan musik bisa anda manfaatkan sebagai elemen penambah kemeriahan dalam acara pernikahananda. Anda bisa berkreasi dalam mengatur dan mengelola hiburan musik, seperti memadukan musik akustik dan upbeat. Atau, anda juga bisa menggunakan live band sebagai pengiring lagu saat anda mengadakan acara dansa bersama. Banyak sekali manfaat yang akan anda dapat jika anda kreatif dan mau mencoba hal yang baru. Jangan takut untuk menunjukan ekspresi anda, toh acara pernikahan ini merupakan acara anda bukan?

Leave a Reply